Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dua Potensi Sumber Daya Alam Pasongsongan

Catatan: Yant Kaiy

Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep memiliki 10 desa. Sisi barat kecamatan ini berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Pamekasan. Ada dua potensi sumber daya alam menonjol yang tidak mendapat sentuhan atensi dan proyeksi dari Pemerintah Kabupaten Sumenep. Yakni hasil tangkap ikan nelayan dan tembakau rajang berkualitas super.

Dari dulu hingga kini, hasil tangkap ikan nelayan Desa Pasongsongan terbilang besar. Ikan-ikan segar itu dijual kebeberapa daerah di Pulau Madura dan Jawa. Tak ayal puluhan ribu tenaga kerja terserap, menggantungkan hidup dari hasil tangkap ikan.

Melihat realita ini sejatinya Pemkab Sumenep bisa memproyeksikan sebuah jurus jitu untuk lebih memakmurkan kehidupan para nelayan. Misalnya saat ini masyarakat nelayan membutuhkan cold storage dan pabrik pengemasan ikan siap konsumsi.

Begitu pula hasil panen tembakau di sisi selatan wilayah Kecamatan Pasongsongan. Kualitas super tembakau Pasongsongan sudah terkenal dan banyak diminati pabrik rokok raksasa. Semestinya Pemkab Sumenep tidak tutup mata terhadap potensi dua sumber daya alam ini.

Sesungguhnya Pemkab Sumenep bisa mengelola sebaik mungkin dua potensi tersebut. Pada akhirnya ada nilai jual cukup menjanjikan. Endingnya, kesejahteraan warga masyarakat akan terbangun dengan sendirinya.[]