Langsung ke konten utama

Soal Soal dan Kunci Jawaban Matematika Kelas 4 SD Semester Genap Kurikulum Merdeka


Berikut ini redaksi apoymadura.com akan menyajikan soal-soal dan kunci jawaban dari mata pelajaran matematika kelas 4 SD sebagai latihan menjelang asesmen sumatif semester genap.

Harapannya peserta didik mampu memacu semangat belajar agar tidak terus menerus bermain game di hp android.-

 

Jawablah pertanyaan soal-soal matematika berikut ini dengan terperinci!

1. Sebuah lapangan persegi memiliki panjang sisi 12 meter. Berapakah kelilingnya?

Jawaban:

Keliling = 4 × panjang sisi

Keliling = 4 × 12 = 48 meter

 

2. Seorang anak mempunyai 15 lembar uang lima ribuan dan 10 lembar uang sepuluh ribuan. Berapakah jumlah uang anak tersebut?

Jawaban:

Jumlah uang = (jumlah lembar uang lima ribuan × nilai uang lima ribuan) + (jumlah lembar uang sepuluh ribuan × nilai uang sepuluh ribuan)

Jumlah uang = (15 × 5000) + (10 × 10000)

Jumlah uang = 75000 + 100000 = 175000

 

3. Sebuah lapangan bulat memiliki jari-jari sepanjang 7 meter. Berapakah luasnya?

Jawaban:

Luas = π × (jari-jari)²

Luas = π × 7² ≈ 3.14 × 49 ≈ 153.86 meter persegi

 

4. Sebuah kelas memiliki 28 siswa. Jika 2/7 dari jumlah siswa tersebut adalah siswa perempuan, berapakah jumlah siswa perempuan di dalam kelas tersebut?

Jawaban:

Jumlah siswa perempuan = (2/7) × jumlah siswa

Jumlah siswa perempuan = (2/7) × 28 = 8 siswa

 

5. Sebuah kereta api berangkat dari stasiun pukul 10 pagi dan tiba di stasiun tujuan pukul 2 siang. Berapa lama waktu yang diperlukan oleh kereta api tersebut untuk sampai di stasiun tujuan?

Jawaban:

Waktu tempuh = waktu tiba - waktu berangkat

Waktu tempuh = 2 siang - 10 pagi = 4 jam

 

6. Seorang pedagang membeli 24 kg apel dengan harga Rp 120.000,-. Berapakah harga 1 kg apel yang dibeli oleh pedagang tersebut?

Jawaban:

Harga per kg apel = Total harga / Jumlah kg apel

Harga per kg apel = Rp 120.000,- / 24 kg

Harga per kg apel = Rp 5.000,-

 

7. Jika 1 liter cat dapat mengecat 5 m² dinding, berapa liter cat yang dibutuhkan untuk mengecat seluruh dinding sebuah ruangan yang memiliki panjang 8 meter, lebar 4 meter, dan tinggi 3 meter?

Jawaban:

Luas dinding = 2 × (panjang × tinggi) + 2 × (lebar × tinggi)

Luas dinding = 2 × (8 m × 3 m) + 2 × (4 m × 3 m)

Luas dinding = 2 × 24 m² + 2 × 12 m²

Luas dinding = 48 m² + 24 m² = 72 m²

Jumlah liter cat yang dibutuhkan = Luas dinding / Luas yang dapat dicat per liter

Jumlah liter cat yang dibutuhkan = 72 m² / 5 m²/liter

Jumlah liter cat yang dibutuhkan ≈ 14.4 liter

 

8. Sebuah truk bermuatan pasir memiliki berat total 8 ton. Jika berat truk itu sendiri adalah 3 ton, berapakah berat pasir yang diangkut oleh truk tersebut?

Jawaban:

Berat pasir = Berat total truk - Berat truk itu sendiri

Berat pasir = 8 ton - 3 ton = 5 ton

 

9. Seorang petani memiliki lahan persegi dengan panjang sisi 20 meter. Dia ingin membagi lahan tersebut menjadi 4 bagian yang sama besar. Berapa panjang sisi masing-masing bagian?

Jawaban:

Panjang sisi masing-masing bagian = Panjang sisi lahan persegi / Jumlah bagian

Panjang sisi masing-masing bagian = 20 meter / 4 = 5 meter

 

10. Seorang penjual es krim menjual 3 es krim rasa cokelat, 5 es krim rasa vanila, dan 2 es krim rasa strawberry. Berapa jumlah keseluruhan es krim yang dijual oleh penjual tersebut?

Jawaban: Jumlah keseluruhan es krim = Jumlah es krim cokelat + Jumlah es krim vanila + Jumlah es krim strawberry

Jumlah keseluruhan es krim = 3 + 5 + 2 = 10 es krim.

 

Kerjakan soal soal matematika ini secara berkelompok!

11. Seorang petani memiliki 24 ekor ayam di kandangnya. Setiap hari, ayam-ayam tersebut bertelur. Jika setiap ayam bertelur satu butir telur setiap hari, berapa butir telur yang didapat petani dalam 1 minggu?

 

12. Diketahui panjang sebuah persegi panjang adalah 12 cm dan lebarnya adalah 8 cm. Berapakah luas persegi panjang tersebut?

 

13. Bu Nina memiliki 45 kelereng. Ia memberikan 3 kelereng kepada setiap temannya. Jika ia memiliki 9 teman, berapa kelereng yang diberikan Bu Nina kepada teman-temannya?

 

14. Di sebuah lapangan terdapat 5 baris bangku. Setiap baris memiliki 6 bangku. Berapakah jumlah total bangku di lapangan tersebut?

 

15. Jika harga 1 liter susu adalah Rp 6.000, berapakah harga 3 liter susu?

 

Kunci Jawaban:

11. Dalam 1 minggu, jumlah telur yang didapat = 24 ekor ayam x 7 hari = 168 butir telur.

12. Luas persegi panjang = panjang x lebar = 12 cm x 8 cm = 96 cm2.

13. Jumlah kelereng yang diberikan Bu Nina = jumlah teman x jumlah kelereng per teman = 9 teman x 3 kelereng = 27 kelereng.

14. Jumlah total bangku = jumlah baris x jumlah bangku per baris = 5 baris x 6 bangku = 30 bangku.

15. Harga 3 liter susu = harga 1 liter x jumlah liter = Rp 6.000 x 3 = Rp 18.000. []

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nasib Guru Honorer PAI di Sumenep tidak Terurus

Catatan: Yant Kaiy Tidak adanya rekrutmen PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) bagi guru PAI (Pendidikan Agama Islam) di lingkungan Dinas Pendidikan Sumenep, menambah panjang penderitaan mereka. Karena harga dari profesi mulia mereka sebagai pendidik dibayar tidak lebih dari Rp 300.000,- per bulan. Rupanya pihak pemangku kebijakan masih belum terketuk hatinya untuk mengangkis mereka dari lembah ketidak-adilan. Sekian lama guru PAI terjebak di lingkaran mimpi berkepanjangan. Impian para guru PAI ini untuk menjadi PPPK menyublim seiring tidak adanya jaminan kesejahteraan. Namun mereka tetap berkarya nyata walau kesejahteraan keluarganya jadi taruhan. Mereka tetap tersenyum mencurahkan keilmuannya terhadap murid-muridnya. Animo itu terus bersemi karena ada janji Allah, bahwa siapa pun orang yang mendermakan ilmu agamanya, maka jaminannya kelak adalah surga. Barangkali inilah yang membuat mereka tidak bergolak dalam menyampaikan aspirasinya. Mereka tidak turu

Panji Gumilang Pesohor Akhir Kekuasaan Jokowi

Catatan: Yant Kaiy Emosi rakyat Indonesia berpekan-pekan tercurah ke Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Panji Gumilang. Episode demi episode tentangnya menggelinding bebas di altar mayapada. Akhirnya, lewat tangan-tangan penguasa ketenangan dan kenyamanan Panji Gumilang mulai terusik. Telusur mereka berdasar pernyataan dirinya tentang beberapa hal yang dianggap sesat oleh sebagian besar umat Islam di tanah air. Cerita tentangnya menenggelamkan beraneka berita krusial dalam negeri. Isu ketidakadilan, kasus besar menyangkut hajat hidup orang banyak menyublim di dasar laut Al Zaytun. Banyak orang bertanya-tanya, seberapa perkasa Panji Gumilang di mata hukum Indonesia. Ia bertakhta atas nama kebenaran walau kadang berseberangan jalan dengan organisasi Islam yang ada. Mungkin baginya, berbeda itu indah. Sekarang tugas penguasa menyembuhkan suasana negeri ini menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur. Tidak ada nilai tawar.[] - Yant Kaiy, Pimred apoymadura.com

SDN Panaongan 3 Layak Menyandang Predikat Sekolah Terbaik di Pasongsongan

Agus Sugianto (kanan) bersama Kepala Dinas Pendidikan Sumenep Agus Dwi Saputra. [Foto: Sur] apoymadura.com  - SDN Panaongan 3 terletak di Dusun Campaka Desa Panaongan Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep. Lokasinya masuk pelosok dengan jalan rusak ringan. Warga masyarakatnya sebagai besar bekerja di ladang sebagai petani. Musim penghujan mereka bercocok tanam jagung. Musim kemarau masyarakat lebih banyak menanam tembakau.  Ada pula sebagian dari mereka merantau ke kota lain. Bahkan ada yang bekerja di Malaysia, mengadu peruntungan agar kesejahteraan hidup lebih baik. Etos kerja warga masyarakat cukup tinggi. Mereka sadar, putra-putri mereka paling tidak harus punya pondasi keilmuan yang cukup. Agar dalam mengarungi hidup lebih indah, sesuai impiannya. Kendati perekonomian mereka rata-rata lemah, namun masalah pendidikan anak-anaknya menjadi sebuah prioritas. Karena mereka sadar, hidup bahagia itu lebih lestari dengan ilmu. Mereka menginginkan pendidikan putra-putrinya ke tingkat p